20 April 2013

coretan ku mlam ini


Malam ini tidak ada yang special, dan tidak ada agenda yang harus dikejar waktu. Kata orang malam ini, malam yang indah, “malam minggu” itu malamnya anak muda, malam paling romantis, dari semua malam. Apa iya ..??
Mungkin buat yang tidak punya pasangan seperti saya, malam minggu itu tidak ada bedanya dengan malam yang lain, bahkan bisa jauh lebih apes disbanding malam yang lain, kalau kebetulan ada job yang banyak.
Malam minggu itu malam yang sangat panjang, semuanya indah, dan terasa indah, semua ini defenisi dari malam minggu versi anak remaja, beda lagi buat orang tua, malam minggu itu malam yang melelahkan setelah sepekan lebih bekerja, baru malam ini ada waktu untuk beristirahat. Ah ini kan hanya menurutku saja.
Malam ini sangat cerah, tidak ada kabut tebal seperti malam kemarin. Bintang terlihat dengan jelas, tidak ada yang dapat aku gambarkan dari langit malam kecuali keindahan bintang yang bertabur nampak seperti intan ditengah permadani.
Aku tidak sendiri malam ini, ada secangkir air putih dan buku kecil, judulnya “tuntunan sholat lengkap” menemani malam ku saat ini. Buku ini sebenarnya sudah aku baca berulang kali, namun masih terasa ada yang kurang, bahkan semakin aku membaca, semakin bertambah rasa ingin mengulang kembali bacaan ini.
Dalam Islam, seseorang itu tidak dibebankan sesuatu hokum sampai ia benar-benar mukallaf, mukallaf itu artinya telah sampai kepadanya hokum dan dibebani hokum itu sendiri. Syaratnya, harus baligh/berakal, maka anak kecil masih belum dikenakan suatu hokum apa pun, begitu juga dengan orang yang gila, atau tidak sadarkan diri, tidak berlaku baginya hokum.
Islam itu indah sekali, dan mengajarkan kepada kita untuk mencintai keindahan, “inna Allah jamil wa yuhibbu jamal” sesungguhnya Allah itu indah dan menyukai semua yang indah. Dalam kitab fiqih apa pun, yang menjadi pembahasan awal selalu bab toharoh-bersuci. Dalam bab ini kita diajarkan tentang bagaimana kita bersuci dan dengan apa kita bisa bersuci. Kalau dalam istilah medis kita sering mendengar “harus steril” dalam setiap pengobatan, yang sebenarnya itu sudah ada dalam Islam, dari setiap amal ibadah kita dianjurkan untuk memulainya dengan berwudu, bahkan ada yang menjadi salah satu syarat terpenuhinya amalan tersebut. Contohnya saja sholat, tidak ada solat bila tidak berwudu.
Malam ini aku mencoba untuk tenang, dan ingin menikmati malam yang tenang ini. Tidak banyak orang yang bisa menikmati malam ini, beruntung sekali menjadi pribadi yang merdeka, merdeka dalam arti bebas berkarya, bebas berpikir, bebas berkomentar, dan bebas untuk melukiskan apa saja yang terjadi dalam dialog hati malam ini.
“dan tidaklah kuciptakan jin dan manusia, melainkan untuk beribadah kepadaKu” ini bukanlah pernyataan, melainkan ayat Al-Qur’an yang menegaskan maksud dan tujuan penciptaan kita di dunia ini. Kata ibadah, itu berasal dari bahasa arab, yang artinya menghambakan diri, benar-benar beribadah kepada yang serba maha.
Ibadah itu sendiri terbagi menjadi tiga macam. Yang pertama, adalah ibadah jasmaniah, ibadah dzohir, amal yang tampak dan dapat dilihat oleh mata, seperti solat. Yang kedua, adalah ibadah qolbiyah,  ibadah ini berkaitan dengan hati, seperti dzikir. Dan yang ketiga adalah ibadah maaliyah, ibadah yang berupa harta, seperti zakat, infaq dan sodaqoh.
Mungkin  akan sangat mudah sekali bila kita memulai dengan “wudu”. Hal ini sangat sederhana sekali, namun tidak semua orang memahaminya dengan baik, bahkan hanya sekedar menjadikannya ritual sebelum melakukan solat. Wudu itu adalah proses mensucikan anggota wudu dengan air yang suci dan mensucikan. Hukumnya sunnah, namun sangat dianjurkan, untuk para pelajar misalkan, mereka di anjurkan untuk dawamu al wudu. Hal itu karena sangat banyak sekali manfaat dan kandungan dari wudu itu sendiri.
Dengan wudu, seseorang dapat tercegah dari godaan setan, terpancar dari wajahnya nur yang alami, wajahnya menjadi lebih bersih dan hidupnya lebih tenang. Sebenarnya apa yang aku tuliskan ini tidak semuanya harus diterima begitu saja, siapa pun anda, boleh melakukan penelitian tentang wudu. Amalkan dan rasakan sendiri keajaiban dari wudu.



Tiada ulasan:

Catat Ulasan